Kapolres Purwakarta: “Keselamatan Korban Kecelakaan Lebih Penting dari Kendaraannya”

IMG-20190911-WA0012

Purwakarta, 11 September 2019

PURWAKARTA – Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengimbau kepada semua pihak untuk sesegara mungkin memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan yang tiba-tiba ditemui di jalan. Pasalnya keselamatan korban lebih penting dari mengamankan kendaraan yang terlibat kecelakaan.

“Jika kita menemukan adanya peristiwa kecelakaan, sebaiknya yang kita tolong duluan adalah korbannya, jangan sampai lebih mementingkan untuk mengamankan kendaraan korban,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius usai melihat korban kecelakaan yang terjadi jalan Tol Purbaleunyi Km 92.600, yang sedang mendapatkan perawatan di RSU Dr Abdul Radjak Purwakarta, Selasa (10/9/2019).

Seperti peristiwa kecelakaan hari ini ujar Kapolres, saat mendapatkan informasi adanya kecelakaan di Tol Purbaleunyi Km 92.600, yang melibatkan 5 kendaraan, Ia memerintahkan kepada anggota yang bertugas, untuk memberikan pertolongan terlebih dahulu kepada korban sebelum melakukan evakuasi kendaraaan.

Korban yang mengalami luka sekecil apapun harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan dari tim medis, guna menghindari adanya luka dalam yang dialami korban.

“Terkadang korban kecelakaan tidak mengalami luka luar, tapi luka dalam, oleh karena itu sekecil apapun rasa sakit yang korban rasakan harus diperiksa pihak medis untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ujar Kapolres.

Dalam membantu korban kecelakaan, anggota kepolisian jangan takut seragamnya kotor, jangan takut seragamnya terkena darah, karena menolong sesama itu bukan hanya tugas dari anggota kepolisian tapi kewajiban semua orang, siapa pun dia dan apapun pekerjaannya.

“Kepada anggota pun saya tegaskan, jangan dulu memberikan berbagai pertanyaan kepada korban terkait kecelakaan yang mereka alami. Setelah para korban mendapatkan perawatan dokter, dan dilihat kondisinya sudah cukup tenang, tanyakan dulu hal-hal yang biasa, seperti namanya siapa, tinggal dimana, dengan siapa korban berpergian, setelah itu baru tanyakan terkait peristiwa kecelakaan yang mereka alami,” jelas Kapolres.

Sebagai penutup Kapolres menambahakan, bila perlu dan diberi izin oleh dokter rumah sakit, anggota kepolisian berada didekat korban yang sedang mendapatkan perawatan, agar korban merasa dilindungi dan tidak merasa ditinggalkan begitu saja.

“Namun tentunya dalam melakukan pertolongan atau evakuasi khususnya kejadian laka lantas, perlu diketahui juga agar tidak merusak atau merubah TKP. Pasalnya kondisi TKP sangatlah penting untuk petugas yang nantinya membuat sketsa dalam menentukan apa penyebab terjadinya kecelakaan tersebut,” tambah Kapolres.

 

(dok. Humas Polres Purwakarta)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s